Tips agar anak mau mendengar nasihat

12 Cara Ampuh Untuk Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

Meskipun Anda tidak wajib menggunakan obat kumur, tetapi obat kumur dapat membantu mengurangi keasaman di mulut, memberikan mineral pada gigi, serta membantu membersihkan gusi dan bagian gigi yang sulit disikat. Tak hanya kesehatan tubuh anak saja yang penting untuk dijaga, kesehatan gigi dan mulutnya pun juga harus diperhatikan. Kegunaan menyikat gigi adalah agar sisa-sisa makanan dapat hilang dari sela-sela gigi dan permukaan gigi selain itu untuk mendapatkan kenyamanan dari terselipnya sisa makanan dan mulut yang bebas dari bau. Pepsodent Kids Awesome Orange, pasta gigi rasa jeruk yang diformulasikan khusus untuk gigi susu anak dengan Flouride, Kalsium, dan Protein dari ekstrak susu. Sebuah penelitian menemukan bahwa kebiasaan terbentuk sebelum usia 9 tahun. Anak-anak dapat dengan mudah mengembangkan kebiasaan seperti menjulurkan lidah atau bernapas melalui mulut yang dapat memiliki efek langsung pada bentuk rahang.

Tidak dianjurkan menyikat gigi dengan menggunakan batu bata ataupun dengan tanah liat, beberapa orang masih menggunakan cara ini dengan harapan gigi terlihat lebih bersih dan kuat. Namun pada kenyataannya penggunaan bata malah akan mengikis lapisan e-mail gigi. Begitu mereka mulai memiliki gigi, gosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi ringan, yang dirancang untuk bayi.

Jika sudah begini, anak harus segera dibawa ke dokter gigi spesialis anak (Sp. KGA). Dokter gigi spesialis anak umumnya memiliki ruangan dan peralatan yang didesain khusus dengan warna-warna ceria, sehingga dapat menarik hatinya. Hal ini tentu membuat anak merasa nyaman untuk melakukan pemeriksaan gigi. “Gigi susu berfungsi sebagai penahan ruang dan penuntun untuk gigi permanen.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Diperlukan juga obat kumur untuk membersihkan space yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi, misalnya sela-sela gigi dan pangkal tenggorokan. Umumnya para orang tua menganggap jus merupakan pilihan sehat untuk dikonsumsi, tetapi jus dapat memicu kerusakan gigi. Batasi konsumsi jus pada anak untuk tidak lebih dari 400 ml per hari 100% jus buah. Beri jus atau minuman manis dan makanan pada waktu makan dan gunakan jus sebagai perangsang anak untuk makan.

Anak-anak yang baru pertama kali datang ke dokter gigi, pasti akan menangis dan merasa tidak nyaman, karena bagian mulut merupakan area yang sangat sensitif. Bagi anak-anak, diperlukan effort yang cukup besar untuk datang ke dokter gigi. Maka dari itu diperlukan pencegahan di awal yaitu dengan cara pemeriksaan sejak dini.