Kesehatan Tubuh

Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh Manusia

Dalam studi lain, para ahli mendapati sinar UV juga bisa meredakan asma. Berbagai studi klinis menyebutkan cahaya matahari mampu meringankan gejala Alzheimer dengan cara meningkatkan kualitas tidur. Otomatis, pergolakan atau aktivitas malam hari yang mengganggu istirahat bisa diminimalisir karenanya. Menurut para ahli medis di Eropa, cahaya matahari dapat membersihkan pembuluh darah manusia dari timbunan plak . Lebih dari itu, sinar mentari juga meningkatkan kadar dan penyebaran oksigen ke jaringan tubuh. Maka dari itu tak heran kalau sinar UV kerap dipakai sebagai terapi untuk membangun otot, fitness, dan stamina.

Langga menambahkan, mencukupi vitamin D sangat penting untuk menjaga tulang lebih kuat dan sehat. “Oleh karena itu, berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 sampai 20 menit sangat dianjurkan,” pungkas Langga. Kelamaan terkena paparan sinar matahari juga dapat membuat jaringan di permukaan mata rusak sehingga kornea jadi meradang . Efeknya seringkali bisa hilang dalam waktu beberapa hari, namun gangguan ini juga bisa memicu komplikasi lain di kemudian hari. Menurut laporan yang dirilis US Medical Association, paparan cahaya matahari juga bisa meningkatkan risiko kerusakan mata seperti katarak, pterigium, dan pinguecula. Dengan begitu, kulitmu tetap terlindungi dan tubuh pun mendapat asupan vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungimu dari virus corona.

Sistem imun pun terbentuk dengan vitamin tersebut sehingga Anda bisa lebih kuat melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan bakteri dan virus. Manfaat sinar matahari bagi tubuh diyakini valid sebab sinar matahari mengandung berbagai vitamin yang dipercaya mampu membentuk daya tahan tubuh. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia kita sebaiknya mendapatkan paparan sinar matahari selama lima hingga 15 menit di lengan, tangan, dan wajah sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

Anak-anak juga membutuhkan cahaya matahari untuk mengoptimalkan fungsi kalsium lewat kerja vitamin D yang membantunya. Pembentukan pigmen kulit juga membutuhkan paparan cahaya matahari yang memadai. Bayi pun membutuhkan cahaya matahari pagi untuk metabolisme kalsium tubuh. Sebab seperti yang kita sudah ketahui, metabolisme kalsium memerlukan kehadiran vitamin D. Dibanding cahaya matahari siang dan sore hari, kita tentu tetap memilih mendapatkan cahaya matahari pagi hari. Cahaya yang menyemburat sebelum pukul 10 pagi dinilai lebih menyehatkan dan tidak membahayakan.

Seperti diketahui, sinar matahari bisa membantu melepaskan serotonin dan endorfin, hormon yang berhubungan dengan suasana hati lebih bahagia. Jika tekanan darah selalu stabil, maka kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya. Menurut WHO, cukup 5-15 menit terkena sinar matahari baik di lengan, tangan, maupun, wajah. Apalagi bagi para perempuan yang ingin mendapatkan kulit cantik dan sehat, maka mendapatkan sinar matahari secara cukup sangatlah penting di samping dengan menggunakan produk-produk kecantikan. Di mana penurunan paparan sinar matahari yang dihubungkan dengan penurunan serotonin menyebabkan Seasonal Affective Disorder atau bentuk dari depresi yang didorong dari perubahan musim.

Oleh karena itu, sinar matahari sangat baik untuk memperkuat tulang pada tubuh. Suara.com – Sinar matahari dipercaya ampuh meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan sinar matahari pagi dapat membuat produksi vitamin dalam tubuh menjadi lebih baik. Ketika produksi vitamin terpenuhi maka tubuh dapat memproteksi diri dari serangan virus karena imunitas yang ada dalam tubuh. Anak-anak dan orang dewasa disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi dan sore selama lima sampai 15 menit, sebanyak tiga kali seminggu. Menurut WHO, mendapatkan 5 hingga 15 menit sinar matahari di lengan, tangan, dan wajah Anda 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menikmati manfaat penambah vitamin D matahari.

Pentingnya matahari untuk kesehatan tubuh

Ketika sinar matahari mengenai mata kita, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin ditutup sampai matahari terbenam lagi. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan kondisi yang disebut gangguan afektif musiman . Manfaat Slot Online Indonesia lainnya dari berjemur dengan sinar matahari yang paling banyak dikenal adalah menyehatkan tulang. Fungsi dari vitamin D adalah membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Vitamin D juga mampu merangsang fosfor dan kalsium yang menguatkan tulang.

Kebiasaan ini juga mampu memberikan manfaat dalam jangka panjang, karena dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit sepertidiabetes, jantung, dan obesitas. 3.Kegiatan berjemur pada umumnya dilakukan sekitar 5 sampai 30 menit, seminggu 2 kali dengan paparan sinar matahari langsung yang mengenai lengan dan tungkai bawah. Salah satunya yakni mendapatkan vitamin D yang akan memperkuat daya tubuh. Namun, hingga saat ini, mash terdapat kesalahan, terutama soal waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga ternyata dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga asupan nutrisi tidak terganggu dan kesehatan tetap terjaga. Vitamin D akan terbentuk secara alami apabila kulit kita terkena sinar matahari. Kemudian, hati dan ginjal akan mengubahnya menjadi vitamin D yang akhirnya membantu tubuh untuk lebih optimal dalam menyerap kalsium.